Perbedaan Pengiriman Cargo Dengan Pengiriman Reguler/ Ekspedisi

Perbedaan Pengiriman Cargo Dengan Pengiriman Reguler/ Ekspedisi

Seiring dengan perkembangan zaman dan pembangunan infrastruktur yang semakin merata ke seluruh pelosok wilayah Indonesia, akses untuk menjangkau daerah-daerah semakin dipermudah.

Ditambah ulang dengan makin tambah mudahnya akses internet bagi penduduk umum, semakin mendorong kenaikan yang memadai penting dalam perkembangan industri logistik baik di dalam maupun luar negri. Khususnya beberapa tahun belakangan ini, menaikkan keinginan costumer di bidang logistik juga menarik beberapa pemain baru untuk menolong dalam penyediaan jasa ekspedisi, baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar.

Sering kali costumer yang inginkan mengirim barang, tidak mengetahui siapa yang perlu dihubungi atau bagaimana langkah untuk mendapatkan type jasa pengiriman yang paling cocok untuk kebutuhan.

Oleh dikarenakan itu, sebagai pengirim, Anda perlu mengetahui bahwa type pengiriman yang diperlukan akan terlampau bergantung terhadap beberapa faktor, terlebih yang berkenaan dengan type barang yang inginkan dikirimkan Jasa Pengiriman Udara .

Walaupun tidak ada perbedaan teoritis pada jenis-jenis pengiriman, namun secara umum, dalam jasa logistik mengenal adanya 2 macam type pengiriman, yakni pengiriman ekspedisi dan jasa pengiriman cargo. Apa sih perbedaannya untuk pengiriman? Berikut ini penjelasannya.

Hubungi Sekarang via WhatsApp Untuk Pengiriman Cargo Sewa Truk di Jakarta dan Pulau Jawa dengan Kargo.

Tapi Sebenarnya apa Perbedaan Ekspedisi dan Cargo?
pengiriman barang cargo
Secara lazim pengiriman ekspedisi seringkali digunakan untuk menyebut type pengiriman partai kecil (satuan, di bawah 5 kg). Sedangkan cargo lebih digunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar dan banyak sekaligus (rata-rata berat >10 kg per paket). Untuk lebih mendalami perbedaan di pada dua type ini, selanjutnya ini pembahasan 3 perihal utama yang mendasari ketentuan terhadap type pengiriman yang cocok menurut kebutuhannya.

Perbedaan Dasar Pengiriman Ekspedisi dan Cargo
Apa saja perbedaan pengiriman Cargo dengan ekspedisi atau pengiriman reguler? Berikut ini perbedaan Cargo dengan ekspedisi berdasarkan lama pengiriman, harga pengiriman dan volume muatan dan beratnya.

1. Berat, Jumlah, dan Jenis Barang
Hal utama yang perlu diperhatikan adalah jenis, berat, dan jumlah barang yang inginkan dikirim. Pengiriman ekspedisi biasa digunakan untuk mengirim barang satuan yang relatif gampang dengan jumlah yang tidak terlampau besar. Ekspedisi reguler adalah keliru satu type yang paling sering dipilih untuk costumer individu dengan keperluan pengiriman kecil dikarenakan tidak ada berat minimum yang disyaratkan.

Biasa ditujukan untuk pengiriman barang kecil hingga sedang, pengiriman ini juga sering digunakan seller online shop dalam mengirimkan barang ke costumer mereka. Beberapa misal type barang yang sering dikirimkan melalui ekspedisi adalah pakaian, makanan, dokumen, barang rumah tangga, dan keperluan sehari-hari.

Berbeda dengan ekspedisi, pengiriman cargo lebih ditujukan untuk barang berat dan partai besar dengan minimum berat yang sudah ditentukan pihak cargo, seumpama 10 kg atau 50 kg untuk beberapa cargo tertentu. Oleh dikarenakan itu, cargo lebih sering digunakan untuk pengiriman barang besar layaknya mobil, motor, bahan industri, maupun barang pindahan rumah.

Beberapa seller online partai besar juga bisa menggunakan cargo untuk mengirim barang ke reseller atau distributor mereka. Oleh dikarenakan itu, munculah arti dalam cargo yakni FTL (Full Than Truck Load) dan LTL (Less Than Truck Load).

Baca Juga: Pengiriman Barang Dengan Jasa Trucking (Pengertian, Jenis Truk dan Manfaat)

2. Lama Pengiriman (Urgensi)
Sering kali durasi pengiriman adalah perihal perlu yang menjadi pertimbangan untuk mengirimkan barang. Untuk barang-barang yang perlu pengiriman cepat atau ekspres layaknya makanan atau bahan yang gampang rusak, pengiriman ekspedisi mengimbuhkan beberapa opsi layanan, layaknya reguler, kilat/ekspres, atau same-day-service.

Untuk pengiriman cepat, ekspedisi akan memproses barang selanjutnya melalui jalan hawa dengan pesawat terbang supaya bisa diterima lebih cepat di alamat tujuan. Apabila Anda hanya perlu pengiriman reguler, pasti Anda bisa memilih layanan standard dengan harga yang pastinya lebih murah dibandingkan layanan kilat.

Hal ini sedikit tidak serupa untuk pengiriman cargo. Karena mayoritas cargo menggunakan transportasi darat berbentuk truk (untuk dalam pulau) dan kapal (untuk luar pulau), maka selagi pengiriman akan lebih lama dibandingkan dengan pengiriman ekspedisi reguler.

Untuk layanan cargo reguler, durasi pengiriman berkisar pada 3 hingga 15 hari. Beberapa cargo sediakan layanan pengiriman via udara, namun ongkos yang dikenakan juga akan lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman cargo biasa. Oleh dikarenakan itu, seumpama Anda inginkan mengirimkan barang besar/berat yang lebih dari 10 kg dan inginkan menggunakan layanan cargo, ada baiknya untuk berencana pengiriman dengan lebih baik dengan mempertimbangan Info durasi perjalanan yang di sajikan oleh pihak cargo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *